MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR BAGI PESERTA DIDIK TK DHARMA WANITA2 SUMBERAGUNG KECAMATAN BATUWARNO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Naryatni, Naryatni (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR BAGI PESERTA DIDIK TK DHARMA WANITA2 SUMBERAGUNG KECAMATAN BATUWARNO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Naryatni.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Naryatni. NIM : 14PSC01659. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Gambar Bagi Peserta Didik TK Dharma Wanita 2 Sumberagung Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016”. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Bahasa, Program Pasca Sarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2016. Persoalan yang terpenting untuk mengajarkan membaca pada anak adalah bagaimana cara mengajarkannya ke anak sehingga anak menganggap kegiatan belajar mereka seperti bermain dan bahkan memang berbentuk sebuah permainan yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah pembelajaran dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan aktifitas belajar membaca permulaan pada peserta didik TK Dharma Wanita 2 Sumberagung Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. (2) Mengetahui apakah pembelajaran dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik TK Dharma Wanita 2 Sumberagung Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adalah proses investigasi terkendali untuk untuk merumuskan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 2 Sumberagung Kelompok B, yang beralamat di Jln Jendral Sudirman No 17 Sumberagung Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri. Jumlah peserta didik pada kelompok B 22 anak terdiri dari 17 laki-laki dan 5 perempuan. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pembelajaran dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan aktifitas belajar membaca permulaan pada peserta didik TK Dharma Wanita 2 Sumberagung Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri. Anak yang pada awalnya terbalik- balik dalam meletakkan huruf sudah mampu meletakkan huruf dengan tepat dan membentuk suatu kata yang bermakna. (2) Pembelajaran dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik TK Dharma Wanita 2 Sumberagung Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dari kategori anak yang mampu mengerjakan sendiri tanpa bantuan guru mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 18,18%, pada siklus I meningkat menjadi 36,36% dan pada siklus II meningkat menjadi 56,09%. Kata Kunci: membaca permulaan, media gambar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:06
Last Modified: 25 Feb 2019 01:08
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item