PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri IV Gambirmanis, Pracimantoro Tahun Pelajaran 2016/ 2017)

Misman, Misman (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri IV Gambirmanis, Pracimantoro Tahun Pelajaran 2016/ 2017). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Misman.fix.pdf

Download (703kB)

Abstract

Misman. NIM. 14PSC01634. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri IV Gambirmanis, Pracimantoro Tahun Pelajaran 2016/ 2017). Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis eksposisi melalui model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis pada siswa kelas V SD Negeri IV Gambirmanis, Pracimantoro Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di SD Negeri IV Gambirmanis, Pracimantoro mulai dari Agustus sampai dengan bulan September 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 22 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mendapat nilai minimal 75 dengan sebesar 75% dari keseluruhan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap prasiklus adalah 56,32, setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 72,32, dan pada siklus II adalah 83,27. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas V SD Negeri IV Gambirmanis, Pracimantoro Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Kata Kunci: kemampuan menulis, eksposisi, pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:13
Last Modified: 25 Feb 2019 01:13
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item