PEMBELAJARAN MEMBEDAKAN ANTARA FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS IKLAN DI SURAT KABAR (Studi Kasus di Kelas IXE SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016)

Rimbani, Mahastuti (2016) PEMBELAJARAN MEMBEDAKAN ANTARA FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS IKLAN DI SURAT KABAR (Studi Kasus di Kelas IXE SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Rimbani MAhastuti.fix.pdf

Download (665kB)

Abstract

Rimbani Mahastuti, NIM. 14PSC01637 Pembelajaran Membedakan Antara Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan Di Surat Kabar (Studi kasus di kelas IX E SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016) Tesis: Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar, dan untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya dalam pembelajaran membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar pada siswa kelas IX E SMP Negeri 6 Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016, ketika peneliti melakukan pengamatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Wonogiri pada bulan Januari sampai dengan Juni 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif sumber data manusia yang penting meliputi: kepala sekolah, guru, tata usaha, dan siswa. Sedangkan yang menjadi data utama dalam penelitian ini adalah: transkrip proses pembelajaran, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, hasil wawancara dengan guru dan siswa. Dalam penyediaan data utama ada 7 (tujuh) langkah yang harus dilaksanakan. Langkah-langkah tersebut ialah: observasi, tekstualisasi, multikolom, segmentasi, tematisasi, proposisionalisasi, dan direduksi. Sedangkan dalam menganalisis data utama ada 5 (lima) langkah-langkah yang harus dilaksnakan yaitu: diurai, diulas, ditafsirkan, dirangkum, disimpulkan, dan disarankan. Pembelajaran membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar yang dilakukan guru berjalan lancar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran guru memberikan motivasi dan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Sedangkan media yang digunakan adalah surat kabar yang menyediakan kolom iklan baris. Untuk mengukur kemampuan siswa guru memberikan evaluasi kepada siswa. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar berjalan kondusif ditunjang oleh peran siswa yang aktif, peran guru yang selalu membimbing, memberikan motivasi kepada siswa agar menguasai, memahami materi yang disampaikannya. Metode ceramah sering digunakan oleh guru karena sangat cocok untuk menerangkan materi fakta dan opini. Materi pembelajaran fakta dan opini sangat menarik siswa karena dilengkapi dengan buku-buku penunjang sehingga bervariasi. Evaluasi yang diberikan sama dengan tiga indikator dalam RPP yaitu mendata fakta, opini, dan membedakan fakta dan opini dalam teks iklan. Kata Kunci: Fakta dan Opini, teks iklan, pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 02:03
Last Modified: 25 Feb 2019 02:03
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item