PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Demangan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016)

Rina, Patmawati (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Demangan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Rina Patmawati.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rina Patmawati. NIM 16PSC01638. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Demangan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016). Tesis: Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2016. Pembelajaran menulis surat resmi merupakan pembelajaran yang sulit dipahami siswa. Berdasarkan hasil tes prasiklus diketahui bahwa keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VI MI Muhammadiyah Demangan rendah. Dalam menulis surat, ditemukan tulisan dengan sistematika penulisan surat resmi yang tidak tepat, bahasa yang tidak baku, dan tulisan yang tidak rapi. Hal ini disebabkan oleh faktor guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VI MI Muhammadiyah Demangan tahun pelajaran 2015/2016 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Muhammadiyah Demangan, yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, berupa hasil tes keterampilan siswa menulis surat resmi, dan teknik nontes, berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil dokumen foto. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif, yang digunakan untuk menganalisis hasil tes dan data kualitatif, yang digunakan untuk menganalisis hasil nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis surat resmi yang telah mencapai target nilai minimal yang ditentukan, yaitu sebesar 75. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 10,71 dari siklus I ke siklus II, dan 18,92 dari prasiklus ke siklus II. Peningkatan ini disertai peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah adanya peningkatan hasil tes keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VI MI Muhammadiyah Demangan setelah mengikuti proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Keaktifan siswa pada proses pembelajaran juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hal tersebut, saran yang dapat diberikan peneliti kepada guru agar menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran menulis surat resmi. Bagi peneliti, khususnya yang menekuni bidang pemelitian bahasa dan satra Indonesia dapat melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut mengenai keterampilan menulis surat resmi agar dapat mengembangkan khasanah ilmu bahasa dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Kata kunci: Peningkatan, keterampilan, menulis surat resmi, pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 02:08
Last Modified: 25 Feb 2019 02:08
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item