TEACHING AND LEARNING ON WRITING PROCEDURE TEXT (A Case Study at the Ninth Grade A of SMP Negeri 7 Brebes in the Academic Year 2012/2013)

Rohadi, Rohadi (2016) TEACHING AND LEARNING ON WRITING PROCEDURE TEXT (A Case Study at the Ninth Grade A of SMP Negeri 7 Brebes in the Academic Year 2012/2013). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Rohadi Fix.pdf

Download (998kB)

Abstract

Rohadi 11PSC01394. “Belajar Mengajar Menulis Tesks Prosedur: Studi kasus pada siswa kelas 1XA SMP Negeri 7 Brebes tahun pelajaran 2012/2013”. Tesis. Program pasca sarjana pendidikan bahasa, Universitas Widya Dharma tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pelaksanaan proses belajarmengajar menulis teks prosedur pada siswa kelas 1XA SMP Negeri 7 Brebes, dan untuk menyampaikan alasan, mengapa proses belajar mengajar menulis teks prosedur pada siswa kelas 1XA SMP Negeri 7 Brebes dilaksanakan dan diteliti. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Objek penelitiannya adalah kegiatan belajar mengajar menulis teks prosedur di kelas 1XA SMP Negeri 7 Brebes tahun pelajaran 2012/2013. Data utama penelitian ini diperoleh dari: 1) Kegiatan guru dan ujaran-ujarannya, serta kegiatan para siswa beserta pernyataan- pernyataan mereka, juga perilaku mereka selama proses kegiatan belajar mengajar menulis teks prosedur di kelas; 2) Guru bahasa Inggris kelas 1XA SMP Negeri 7 Brebes; 3) Para siswa kelas 1XA SMP Negeri 7 Brebes; 4) Dokumen-dokumen seperti silabus, RPP ( Rencana Proses Pembelajaran). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tujuh langkah pengumpulan data model Sudaryanto (2015), yaitu: (a) melakukan observasi, (b) membuat transkripsi, (c) memindahkan data kedalam kolom kolom, (d) membuat data ke dalam bentuk segmen duratif, (e) mengorganisasi data berdasarkan tema, (f) memformulasikan data, (g) memilah dan memilih data. Untuk mengembangkan validitas data, penulis menggunakan teknik trianggulasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah lima langkah analisis data model Sudaryanto (2015), yaitu: (a) analisis, (b) interpretasi, (c) ringkasan, (d) konklusi dan implementasi, serta (e) rekomendasi. Berdasarkan analisis data utama, diperoleh beberapa fakta yang dapat diklasifikasi ke dalam lima aspek, yaitu: 1) Guru telah menjalankan perannya dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Para siswa telah menjalankan peran mereka sendiri, dan mengerjakan tugas-tugas mereka baik secara individu maupun kelompok; 3) Guru menggunakan gambar-gambar yang ada dalam buku dan bungkus-bungkus mie instan beraneka warna sebagai media pembelajaran; 4) Seperti tercantum dalam rencana pembelajaran, guru menggunakan metode campuran (eklektik) dalam proses pembelajaran; 5) Proses penilaian dilakukan melalui pengamatan oleh guru terhadap kegiatan siswa pada saat mereka mengerjakan tugas-tugas baik individu maupun kelompok serta pada saat mereka mempresentasikan tugas-tugas mereka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Guru telah melaksanakan proses belajar mengajar menulis teks prosedur di kelas 1XA SMP Negeri 7 Brebes tahun Pelajaran 2012/2013 dengan baik dan aktif, meskipun belum optimal dalam menampilkan perannya sebagai sumber informasi dan fasilitator; 2) Para siswa memberi perhatian kepada guru, merespon perintah- perintahnya, dan pertanyaan-pertanyaannya serta mengerjakan tugas-tugas yang diberikan baik secara individu maupun kelompok; 3) Media yang digunakan guru adalah papan tulis, gambar-gambar yang ada di dalam buku dan bungkus-bungkus mie instan yang beraneka warna; 4) Guru menggunakan metode campuran dalam proses belajar mengajar; 5) Materi pelajaran disampaikan dengan baik seperti tertulis dalam rencana pembelajaran, serta melakukan penilaian dengan menyuruh anggota kelompok menulis teks prosedur di papan tulis, dan memberikan tugas dalam kelompok untuk membuat teks prosedur menggunakan bungkus-bungkus mie instan di rumah. Kata-kata kunci: Belajar Mengajar Menulis Teks Prosedur, Studi Kasus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 02:47
Last Modified: 25 Feb 2019 02:47
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item