UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MINAT BACA SISWA DENGAN METODE SQ3R (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Ngawen Kabupaten Gunungkidul)

Siti, Kusumandari (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MINAT BACA SISWA DENGAN METODE SQ3R (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Ngawen Kabupaten Gunungkidul). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Siti Kusumandari.fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Kusumandari. 14PSC1676. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MINAT MEMBACA DENGAN METODE SQ3R (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Ngawen Kabupaten Gunungkidul). Magister Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) meningkatkan minat membaca siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Ngawen Gunungkidul dengan menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman, dan (2) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan metode SQ3R sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Ngawen Gunungkidul sebanyak 32 siswa. Sumber data yang digunakan: (1) informan, yakni guru Bahasa Indonesia kelas VIII C dan siswa kelas VIII C yang mudah diajak berkomunikasi, (2) peristiwa, yaitu proses belajar mengajar membaca pemahaman yang terjadi serta sikap guru dan siswa dalam aktivitas pembelajaran tersebut, dan (3) data atau dokumen, berupa teks bacaan, foto kegiatan belajar mengajar, hasil tes siswa, transkrip wawancara dengan siswa dan guru, angket, dan daftar nilai siswa. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) observasi/ pengamatan, (2) wawancara, dan (3) penilaian tes dan nontes. Uji validitas data yang digunakan yaitu: (1) trianggulasi data, (2) trianggulasi metode, (3) trianggulasi teori. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) identifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 1-2 kali pertemuan, masing-masing pertemuan selama 2 x 40 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: (1) terdapat peningkatan minat membaca siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Ngawen Gunungkidul melalui penerapan metode SQ3R sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman, yang ditandai dengan: (a) usaha siswa dalam membaca artikel yang diberikan, (b) daya tahan siswa dalam melakukan aktivitas membaca, (c) sikap senang yang ditunjukkan siswa saat melakukan aktivitas membaca, (d) kesadaran siswa akan manfaat membaca, dan (e) peningkatan nilai rata-rata hasil angket minat membaca siswa dari siklus I 70,31 menjadi 80,09 pada siklus II, dan (2) terdapat peningkatan rata – rata kemampuan membaca pemahaman dari siklus 1 73,12 menjadi 80,31 pada siklus II pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Ngawen Gunungkidul melalui penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Minat Baca, Metode SQ3R.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:09
Last Modified: 25 Feb 2019 04:09
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item