PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS V SDN 01 KEDUNGJERUK MOJOGEDANG KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sumarno, Sumarno (2016) PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS V SDN 01 KEDUNGJERUK MOJOGEDANG KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sumarno.fix.pdf

Download (973kB)

Abstract

Sumarno. NIM. 14PSC01597. PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS V SDN 01 KEDUNGJERUK MOJOGEDANG KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma. Klaten. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pelaksanaan pembelajaran menulis karangan berdasarkan pengalaman pribadi kelas V SDN 01 Kedungjeruk Mojogedang Karanganyar semester I tahun pelajaran 2015/2016; (2) Penyebab pelaksanaan pembelajaran menulis karangan berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas V SDN I Kedungjeruk Mojogedang Karanganyar semester I tahun pelajaran 2015/2016 seperti pada saat peneliti melakukan pengamatan. Pendekatan penelitian adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 01 Kedungjeruk Mojogedang Karanganyar semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: Pertama, pelaksanaan pembelajaran kurang maksimal karena: (a) guru terlalu asyik menceritakan pengalaman pribadinya dan tidak menjelaskan bagian-bagian pokok cerita yang dapat memperjelas kerangka karangan; (b) pemberian contoh karangan berdasarkan pengalaman pribadi oleh guru tidak menjelaskan kerangka karangan dan cara mengembangkan paragraf; (c) guru belum memanfaatkan media papan tulis atau media lain untuk memberi contoh membuat karangan berdasarkan pengalaman pribadi; (d) siswa tidak dibuat aktif dalam proses pembelajaran; (e) kemampuan siswa dalam mengarang masih kurang karena masih ditemukan berbagai kesalahan dalam membuat karangan, seperti penggunaan huruf besar, awalan dan akhiran, tanda baca, dan pembuatan paragraf. Kedua, penyebab terjadinya pelaksanaan pembelajaran kurang maksimal, yaitu (a) guru kurang sistematis dalam memberikan contoh kerangka dan cara mengembangkan gagasan kerangka karangan; (b) kriteria pengalaman pribadi yang layak ditulis menjadi karangan oleh siswa tidak dijelaskan secara mendetail oleh guru; (c) media dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang variatif; (d) evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru lebih menekankan aspek kognitif dan belum sampai pada aspek afektif; dan (e) siswa kurang memahami tata cara penulisan sesuai EYD dan keterbatasan mengembangkan gagasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:07
Last Modified: 25 Feb 2019 07:07
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item