PEMBELAJARAN MENGUBAH PUISI KE DALAM BENTUK PROSA ( Studi Kasus pada Siswa Kelas VI Semester I Sekolah Dasar Negeri II Klunggen, Slogohimo, Wonogiri, Tahun Pelajaran 2013/2014 )

Suyanto, Suyanto (2016) PEMBELAJARAN MENGUBAH PUISI KE DALAM BENTUK PROSA ( Studi Kasus pada Siswa Kelas VI Semester I Sekolah Dasar Negeri II Klunggen, Slogohimo, Wonogiri, Tahun Pelajaran 2013/2014 ). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Suyanto.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suyanto. NIM: 14PSC01625..”PEMBELAJARAN MENGUBAH PUISI KE DALAM BENTUK PROSA ( Studi Kasus pada Siswa Kelas VI Semester I Sekolah Dasar Negeri II Klunggen, Slogohimo, Wonogiri, Tahun Pelajaran 2013/2014 )” Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1). Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran ketrampilan mengubah puisi ke dalam bentuk prosa kelas VI SD Negeri 2 Klunggen, Slogohimo, Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014? 2). Mengapa pembelajaran ketrampilan mengubah puisi kedalam bentuk prosa di kelas VI SD Negeri 2 Klunggen, Slogohimo, Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014 terjadi seperti peneliti melakukan pengamatan ? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hakekat pembelajaran, pembelajaran ketrampilan, menulis puisi, puisi dan prosa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 7 langkah : diobservasi, ditektualisasi, dimultikolom, disegmentasi, ditematisasi, diproporsionaliosasi dan direduksi. Validitas data dengan cara triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 5 langkah analisis data utama (Sudaryanto, 2013), yaitu diurai, diulas, dirangkum, disimpulkan dan disarankan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian studi kasus yang mengambil lokasi di SDN II Klunggen Slogohimo, Wonogiri pada semester I tahun pelajaran 2013 / 2014. Data yang berwujud hasil observasi, transkrip wawancara, analisis dokumen dan perekaman. Ada tujuh langkah untuk menyiapkan data utama (a) diobservasi, (b) ditekstualisasi, (c) dimultikolom, (d) disegmentasi, (e) ditematisasi, (f) diproposisionalisasi, (g) direduksi. Langkah untuk menganalisis data utama adalah (a) diurai, (b) diulas, (c) dirangkum, (d) disimpulkan, (e) direkomdasi dan diprediksi. Berdasarkan temuan data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut (a) guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana kegiatan dan guru sangat inovatif (b) Siswa dituntut dapat mempraktekan menulis puisi kemudian mengubahnya menjadi prosa (c) materi ajar yang digunakan sudah sesuai dengan indikator dalam silabus , (d) metode pembelajaran yang digunakan ceramah bervariasi (e) dalam melakukan refleksi sebagai tindakan evaluasi menggunakan materi yang sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang sering dialami siswa. Penyebab terlaksananya pembelajaran mengubah puisi ke dalam bentuk prosa, sebagaimana nampak pada udaut yang telah dibahas berdasarkan analisis dari guru, siswa, materi, metode dan media.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:34
Last Modified: 25 Feb 2019 07:34
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item