PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN “SS” SEKARSULI KLATEN

Derek, D Derebi (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN “SS” SEKARSULI KLATEN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Derek Fix.pdf

Download (615kB)

Abstract

Derek D Derebi, NIM : 1321103493, Jurusan Ekonomi, Manajemen, Universitas Widya Dharma Klaten. Judul Skripsi: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan “SS” Sekarsuli Klaten. Kualitas pelayanan sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan muncul apabila kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan sesuai bahkan melebihi yang diinginkan oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: tingkat kualitas pelayana rumak makan “SS”Sekarsuli terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah makan “SS” Sekarsuli Klaten. Sampel diambil sebanyak 50 pelanggan. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F (uji signifikansi secara simultan), uji t (uji signifikansi secara parsial), dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 14,151 + 0,493X1 + 0,967X2 0,799X3 0,727X4 + 0,670X5. Persamaan menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh dimensi-dimensi kualitas pelayanan yang berupa bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Dimensi-dimensi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji signifikansi secara simultan) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 31,135 > 2,427 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 2) Keandalan memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,622 > 2,015 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan efektif sebesar 22,23%; 3) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,780 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pelayanan, adalah sebesar 78% sedangkan 22% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:19
Last Modified: 01 Mar 2019 09:19
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item