PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENT, SATISFACTION (ARCS) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 WERU TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Bambang, Jumpeno (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENT, SATISFACTION (ARCS) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 WERU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Bambang J.fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bambang Jumpeno, NIM: 1213102508. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Motivasi Attention, Relevance, Confident, Satisfaction (ARCS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Weru Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar matematika melalui penerapan strategi motivasi Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Weru, 2) meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi motivasi Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Weru Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan melalui kolaborasi antara peneliti (sebagai pengamat) dengan guru sekolah (sebagai pelaksana tindakan) dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan materi pembelajaran operasi bentuk aljabar, dan setiap siklus dilaksanakan selama 6 jam pelajaran dalam 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi motivasi attention, relevance, confident, satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Weru tahun pelajaran 2015/2016 diantaranya: mendengarkan penjelasan guru (90% pada siklus I, 95% pada siklus II), bertanya , memberi tanggapan dan mengerjakan soal/latihan (10% pada siklus I, 13,3% pada siklus II), ketertarikan untuk mengikuti pembelajaran(90% pada siklus I, 95% pada siklus II) , merasa termotivasi (90% pada siklus I, 95% pada siklus II), merasa percaya diri (90% pada siklus I, 95% pada siklus II), menanggapi feedback dari guru (90% pada siklus I, 95% pada siklus II), menyimpulkan materi (90% pada siklus I, 95% pada siklus II), (2) strategi motivasi attention, relevance, confident, satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Weru tahun pelajaran 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan oleh rata-rata sebelum siklus sebesar 72,87 dengan persentase ketuntasan belajar 60,00%, rata-rata siklus I 74,53 dengan persentase ketuntasan belajar 66,67%, rata-rata siklus II sebesar 76,00 dengan persentase ketuntasan 83,33%

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Mar 2019 08:01
Last Modified: 02 Mar 2019 08:01
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item