PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN BHAKTI HUSADA SUMPIUH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Budiono, Budiono (2015) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN BHAKTI HUSADA SUMPIUH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Budiono.fix.pdf

Download (466kB)

Abstract

BUDIONO. 1213102490. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh Tahun Pelajaran 2014/2015 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Tipe Quick On The Draw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh, yang berlokasi di Jl. Bong Cina No. 13, Desa Kradenan, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015 semester genap tahun pelajaran 2014/2015 hingga Februari 2015 semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis yang disimpulkan: Pencapaian pada siklus I ke siklus II keseluruhan rata-rata aspek keaktifan siswa mengalami peningkatan yakni dari 59,04% menjadi 78,57%. Untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 71,15 mejadi 79,14. Untuk presentase KKM mengalami peningkatan dari 57,14% menjadi 85,71%. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Quick On The Draw meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjut. Berdasarkan hasil pencapaian tersebut maka pembelajaran dengan menggunakan metode Quick On The Draw dapat dikatakan berhasil karena rata-rata aspek keaktifan telah mencapai 75% dari 21 siswa dan siswa yang mendapat nilai minimal ≥ 70 lebih dari 75% dan hal itu sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Mar 2019 08:09
Last Modified: 02 Mar 2019 08:09
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item