HUBUNGAN KECERDASAAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WERU TAHUN AJARAN 2016/2017

Ditha, Nur Islania (2017) HUBUNGAN KECERDASAAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WERU TAHUN AJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ditha Nur Islani fix.pdf

Download (904kB)

Abstract

DITHA NUR ISLANIA, NIM 1313102518. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. 2017. Skripsi: Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Weru tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Hubungan antara kecerdasaan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Weru tahun ajaran 2016/2017, (2) hubungan antara kebiasaaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Weru tahun ajaran 2016/2017, dan (3) hubungan antara kecerdasaan emosional,dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Weru tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Weru pada siswa kelas X. Sampel penelitian ini 50 siswa yang diambil secara acak dari populasi dengan teknik cluester random sampling. Teknik pengumpulan data kecerdasaan emosional dan kebiasaan belajar dengan melakukan pengisian angket sedangkan data prestasi belajar matematika diperoleh dengan dokumentasi. Untuk menganalisi data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear ganda dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum melakukan analisis tersebut, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian adalah uji normalitas, uji linieritas, uji keberartian regresi, dan uji keberartian koefisien regresi. Setelah data penelitian diolah dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara kecerdasaan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Weru tahun ajaran 2016/2017, dengan koefisien korelasi rx1 y= 0,647 dan sumbangan efektif = 41,8%, (2) ada hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Weru tahun ajaran 2016/2017, dengan koefisien korelasi rx1 y = 0,601 dan sumbangan efektif = 36,2%, dan (3) ada hubungan positif antara kecerdasaan emosional dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Weru tahun ajaran 2016/2017, dengan koefisien korelasi ganda R = 0,722 dan sumbangan efektif = 52,1%

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Mar 2019 08:33
Last Modified: 02 Mar 2019 08:33
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item