IMPLIKASI PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Istiqomah, Nur Kusumastuti (2017) IMPLIKASI PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Istiqomah NK fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ISTIQOMAH NUR KUSUMASTUTI. 2017. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Implikasi Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectually (SAVI) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa SMP Negeri 2 Karanganom Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar matematika yang lebih baik antara pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional dengan ceramah; (2) prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan keaktifan belajar tinggi, sedang, dan rendah; (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian merupakan penelitian eksperimental semu. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 2 Karanganom. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas (metode Liliefors) dan uji homogenitas (metode Bartlett). Persyaratan penelitian menggunakan uji keseimbangan (analisis variansi dua jalan tanpa interaksi). Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian: (1) pendekatan pembelajaran SAVI memberikan prestasi belajar matematika yang sama baik dengan pendekatan pembelajaran konvensional dengan ceramah; (2) siswa dengan keaktifan belajar tinggi memperoleh prestasi belajar matematika yang lebih baik dari siswa dengan keaktifan belajar sedang dan rendah, siswa dengan keaktifan belajar sedang memperoleh prestasi belajar matematika yang lebih baik dari siswa dengan keaktifan belajar rendah; (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Mar 2019 09:09
Last Modified: 02 Mar 2019 09:09
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item