IMPLIKASI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Kurnia, Ikawati (2017) IMPLIKASI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Kurnia Ikawati fix.pdf

Download (578kB)

Abstract

KURNIA IKAWATI. 1313102549. Implikasi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom Tahun Pelajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui model pembelajaran matematika yang memberikan prestasi lebih baik antara model pembelajaran berbasis portofolio dengan langsung, (2) untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar yang memberikan prestasi lebih baik antara siswa dengan aktivitas tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran, (3) untuk mengetahui interaksi antara penerapan model pembelajaran matematika dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu yang dilakukan di SMP Negeri 2 Karanganom Klaten tahun pelajaran 2016/2017. Dengan Teknik cluster random sampling, terpilihlah satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu uji t dan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran berbasis portofolio menghasilkan prestasi belajar matematika yang tidak lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar matematika sedang dan rendah, dan aktivitas belajar matematika siswa yang memiliki tingkat aktivitas belajar sedang lebih baik daripada siswa yang memiliki tingkat aktivitas belajar rendah, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok lingkaran.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Mar 2019 09:47
Last Modified: 02 Mar 2019 09:47
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item