PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU GEOGEBRA PADA SISWA KELAS X SMK GIRI WACANA EROMOKO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lidia, Dwi Rochayani (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU GEOGEBRA PADA SISWA KELAS X SMK GIRI WACANA EROMOKO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Lidia Dwi R.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

LIDIA DWI ROCHAYANI, NIM 1413102620 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Aalam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten, 2016 Skripsi : “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantu Geogebra pada Siswa Kelas X SMK Giri Wacana Eromoko Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMK Giri Wacana Eromoko Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran kontekstual berbantu Geogebra. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap Siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan masing- masing dengan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Giri Wacana Eromoko Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah siswa 31 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantu Geogebra pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X di SMK Giri Wacana Eromoko Wonogiri. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar pengetahuan siswa sebesar 73,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,2. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 70,97% dan meningkat pada siklus II menjadi 87%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata persentase keaktifan belajar siswa yaitu 6474%. Pada siklus II rata-rata persentase keaktifan belajar siswa yaitu 84,14%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:34
Last Modified: 04 Mar 2019 01:34
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item