UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Margaretha, Meilinda Puspitasari (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Margaretha meilinda P fix.pdf

Download (692kB)

Abstract

MARGARETHA MEILINDA PUSPITASARI. NIM 1313102533. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: Ada tidaknya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan lingkaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karanganom Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata nilai belajar matematika siswa mencapai 75 dan banyaknya siswa yang tuntas mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mempersiapkan alat tulis dan buku, mendengarkan KBM, membaca dan mencatat materi, mengajukan pertanyaan dan pendapat, mengerjakan soal, berkonsentrasi saat KBM dan aktif menjawab pertanyaan guru, tidak suka ngobrol sendiri. (b) Hasil belajar matematika siswa meningkat ditunjukkan dengan adanya nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 66,11 dengan presentase siswa yang tuntas adalah 42,86%. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus II 80,11 dengan presentase siswa yang tuntas mencapai 82.14% dan hasil pada siklus II sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karanganom tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:40
Last Modified: 04 Mar 2019 01:40
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item