UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE QUESTION STUDENT HAVE PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 JOGONALAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Noviyan, Elviyani (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE QUESTION STUDENT HAVE PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 JOGONALAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Noviyan Elviyani fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

NOVIYAN ELVIYANI. NIM 1213102453. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Question Student Have Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jogonalan Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: Ada tidaknya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan metode question student have pada siswa kelas VIII SMP N 1 Jogonalan Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan kubus dan balok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Jogonalan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata nilai belajar matematika siswa mencapai 75 dan banyaknya siswa yang tuntas mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mengajukan pertanyaan/ tanggapan, membuat catatan/ mengerjakan LKS, dan bekerja sama dalam memecahkan masalah dalam kelompok. (b) Hasil belajar matematika siswa meningkat ditunjukkan dengan adanya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75,97 dengan presentase siswa yang tuntas adalah 61,76%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II 81,09 dengan presentase siswa yang tuntas mencapai 88,24% dan hasil pada siklus II sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode question student have dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP N 1 Jogonalan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:22
Last Modified: 04 Mar 2019 02:22
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item