PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rosyidah, Kurniawati (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Rosyidah Kurniawati.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ROSYIDAH KURNIAWATI. NIM 1213102467, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Menghadapi Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK N 2 Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh antara konsep diri dan kecemasan siswa menghadapi pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X semester II SMK N 2 Klaten, tahun pelajaran 2015/2016. Dari populasi sebanyak 540 siswa, dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak 36 siswa yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah analisis regresi. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji linieritas dan keberartian regresi. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang positif antara konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK N 2 Klaten tahun pelajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya harga 0 , dengan taraf signifikansi 5%. Dan ada pengaruh yang negatif antara kecemasan siswa menghadapi pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK N 2 Klaten tahun pelajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya harga , dengan taraf signifikansi 5%. Serta ada pengaruh antara konsep diri dan kecemasan siswa menghadapi pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK N 2 Klaten tahun pelajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya harga , dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:42
Last Modified: 04 Mar 2019 02:42
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item