PEMBELAJARAN MENULIS PERCAKAPAN (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Kalierang 02, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes, Tahun Pelajaran 2015/2016)

Abdul, Mutholib (2017) PEMBELAJARAN MENULIS PERCAKAPAN (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Kalierang 02, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes, Tahun Pelajaran 2015/2016). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Abdul Fix.pdf

Download (666kB)

Abstract

Abdul Mutholib, NIM.15PSC01744 “Pembelajaran Menulis Percakapan” (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Kalierang 02, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Tahun Pelajaran 2015/2016). Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten 2017. Penulis bertujuan untuk: (1) mengetahui pembelajaran menulis percakapan di kelas V Sekolah Dasar Kalierang 02, (2) mengetahui kesulitan-kesulitan yang ditemukan dalam pembelajaran menulis percakapan, (3) mengetahui upaya mengatasi kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran menulis percakapan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus tunggal, yang artinya penelitian ini hanya dilakukan pada satu sasaran (satu lokasi). Sumber data adalah guru, kepala sekolah Siswa, peristiwa dalam proses pembelajaran menulis percakapan yang terjadi di kelas dan dokumen yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran menulis percakapan. Hasil temuan penulis menunjukkan (1) rencana pembelajaran telah dibuat sesuai dengan kurikulum, silabus, maupun standar kompetensi dan kompetensi dasar, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis percakapan di SD Negeri Kalierang 02 berjalan kurang baik karena (a) Guru menyampaikan materi pembelajaran kurang fokus pada tujuan pembelajaran; (b) Siswa kurang dapat menerima secara utuh materi yang diajarkan oleh guru; (c) materi yang terdapat di buku paket tidak tersampaikan secara lengkap.(d) metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, diskusi dan penugasan tetapi penerapannya kurang mencapai sasaran dari tujuan (e) Evaluasi yang diberikan guru tidak sesuai dengan materi pembelajaran. (3) kesulitan-kesulitan yang dihadapi terletak pada kekurangan fasilitas pendukung pembelajaran, (4) upaya yang ditempuh oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis percakapan adalah peningkatan mutu pendidikan guru dan memberi rangsangan terhadap siswa untuk lebih giat belajar menulis percakapan dalam setiap kesempatan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:32
Last Modified: 04 Mar 2019 03:32
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item