PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA SEJARAH MENURUT KURIKULUM 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII LD SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016 / 2017)

Dwi, Wiwik Handayani (2016) PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA SEJARAH MENURUT KURIKULUM 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII LD SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016 / 2017). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Dwi Wiwik Handayani.fix.pdf

Download (815kB)

Abstract

Dwi Wiwik Handayani. NIM. 15PSC01721. PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA SEJARAH MENURUT KURIKULUM 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII LD SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017). Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma. Klaten. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran membaca pemahaman teks cerita sejarah pada siswa kelas XII LD di SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman teks cerita sejarah pada siswa kelas XII LD di SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017; (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran membaca pemahaman teks cerita sejarah pada siswa kelas XII LD di SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XII LD SMK Negeri 1 Magelang tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) observasi yang dilakukan secara langsung untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran di kelas, da n secara tidak langsung melalui bantuan video shooting; (2) wawancara untuk mengetahui pendapat guru dan siswa atas pelaksanaan pembelajaran; dan (3) dokumentasi untuk mencermati Permendikbud, kurikulum, RPP, dan daftar nilai siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: Pertama, perencanaan pelaksanaan pembelajaran secara umum adalah baik, karena RPP disusun sesuai format, skor penilaian atas RPP adalah baik, mencantumkan pendekatan saintifik sesuai kurikulum 2013. Kendala yang dihadapi adalah kurikulum 2013 masih tahap revisi dan terbatasnya referensi teks cerita sejarah, dan solusi yang ditempuh adalah mengikuti perkembangan implementasi kurikulum 2013 dari berbagai sumber. Kedua, pelaksanaan pembelajaran secara umum berjalan sesuai RPP. Model pembelajaran menggunakan Discovery Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning sesuai arahan kurikulum 2013. Metode pembelajaran menggunakan tanya jawab dan diskusi. Melalui model dan metode pembelajaran tersebut mampu mendorong keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran adalah adanya sedikit perbedaan penekanan materi antara buku pegangan guru dan siswa dengan referensi buku, dan solusi yang dilakukan yaitu kedua materi diberikan untuk memberikan pengayaaan kepada siswa. Ketiga, Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara tes dan non tes. Tes diberikan pada akhir pembelajaran dan non tes dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa dilihat dari aspek pengetahuan dan keterampilan adalah baik, karena seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar dengan mendapatkan nilai di atas KKM (70). Kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan evaluasi sesuai kurikulum 2013 adalah banyaknya kompetensi dasar yang harus dilakukan penilaian. Kata kunci: Membaca pemahaman, Teks cerita sejarah, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:45
Last Modified: 04 Mar 2019 08:45
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item