UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA di SD Negeri 02 Pulosari Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017)

Marino, Marino (2017) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA di SD Negeri 02 Pulosari Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Marino Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

MARINO. 15PSC1737. “UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA di SD Negeri 02 Pulosari Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Widya Dharma Klaten 2017 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat siswa kelas VA di SD Negeri 02 Pulosari Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia?, (2) Apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kompetensi menulis karangan siswa kelas VA di SD Negeri 02 Pulosari Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VA SD Negeri 02 Pulosari Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, yang setiap siklus meliputi kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi serta menyimpulkan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, angket dan tes. Data kuantitatif memakai analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai menulis karangan dari kondisi awal, nilai menulis karangan siklus 1, nilai siklus 2, dan nilai siklus 3. Data kualitatif berupa hasil pengamatan dan observasi dan data hasil angket dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dari setiap siklus. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat menulis siswa kelas VA SD Negeri 02 Pulosari, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Hal ini terbukti dari rerata nilai minat menulis siswa berdasarkan hasil angket sebelum menggunakan pendekatan CTL 62,91. Setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL, meningkat menjadi 68,34; (2) Penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan kompetensi menulis siswa kelas VA SD Negeri 02 Pulosari, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar semester I tahun pelajaran 2016/2017, terbukti pada kondisi awal, nilai rerata kompetensi menulis siswa 61,32, dengan tingkat ketuntasan klasikal 42,11%. Pada siklus I, nilai rerata siswa 64,79 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 63, 16%. Pada siklus II, nilai rerata siswa 67,84 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 81,58%. Pada siklus III, nilai rerata siswa 69,66 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 100%. Kata kunci : minat menulis, kompetensi menulis, Pendekatan Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Mar 2019 09:54
Last Modified: 04 Mar 2019 09:54
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item