PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI ANAK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD Dikdas dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali)

Nanik, Supriyati (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI ANAK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD Dikdas dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nanik Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

NANIK SUPRIYATI. 15PSC1739. “ Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Anak Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD Dikdas dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Widya Dharma Klaten 2017. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran membaca puisi anak dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD DIKDAS dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali? (2) Apakah kemampuan membaca puisi anak pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD DIKDAS dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali dapat ditingkatkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca puisi anak dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD DIKDAS dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca puisi anak dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD DIKDAS dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD DIKDAS dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali sebanyak 17 siswa, terdiri dari 3 siswa laki laki dan 14 siwa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan tiga siklus secara berkelanjutan. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk mengetahui efektifitas tindakan Berdasarkan analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan pembelajaran membaca puisi anak dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD DIKDAS dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap kinerja guru diperoleh hasil skor rata-rata Siklus I sebesar 1,3 pembelajaran Siklus II menjadi 2,3, dan pada pembelajaran Siklus III 2,7. Dengan kriteria skor batas cukup adalah skor 2 dan skor 3 adalah baik. Kedua, berdasarkan hasil penilaian membaca puisi anak dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, diperoleh rata-rata nilai hasil tes dan tugas mengalami peningkatan dari pembelajaran Siklus I sebesar 70,89 pembelajaran Siklus II menjadi 75,59 dan pada pembelajaran Siklus III menjadi 79,71. Peningkatan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar pembelajaran siklus I sebesar 41,18 %, pembelajaran Siklus II menjadi 58,82 %, dan pada pembelajaran Siklus III mencapai 82,35%. Dengan demikian melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning kemampuan membaca puisi anak pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tawangsari UPTD DIKDAS dan LS Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali dapat meningkat. Kata kunci : membaca puisi anak, contextual teaching and learning

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Mar 2019 10:00
Last Modified: 04 Mar 2019 10:00
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item