HUBUNGAN PERSEPSI TATA TERTIB PESERTA DIDIK DENGAN KEDISIPLINAN PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 3 CAWASTAHUN 2021

Niken, Wusananingtyas (2022) HUBUNGAN PERSEPSI TATA TERTIB PESERTA DIDIK DENGAN KEDISIPLINAN PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 3 CAWASTAHUN 2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Niken Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

NIKEN WUSANANINGTYAS NIM 1912200008 Program Studi PPKn Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten HUBUNGAN PERSEPSI TATA TERTIB PESERTA DIDIK DENGAN KEDISIPLINAN PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 3 CAWAS TAHUN 2021 Disiplin merupakan lapis terluar dari suatu sistem pendidikan disekolah sedangkan lapis terdalamnya adalah kualitas. Dengan disiplin,sekolah akan mendapatkan kewibawaan dengan mudah dilihat dari sikap atau tingkah laku guru dan para peserta didiknya. Kepala sekolah, guru dan segenap pelaksana pendidikan adalah ujung tombak pengemban misi pendidikan nasional yang berkarakter melalui berbagai terobosan inovatif. Pendidikan ( PPKn) merupakan upaya dalam menegakkan disiplin pembelajaran disekolah terutama pembelajaran PPKn Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang hubungan persepsi tata tertib peserta didik dengan kedisiplinan pembelajaran PPKn di SMP Muhammadiyah 3 Cawas. Penelitian ini dilaksanakan SMP Muhammadiyah 3 Cawas dan mengambil sampel dengan teknik purposive sampling. Sample dalam penelitian ini berjumlah 13 responden peserta didik kelas 7 Tahun Ajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, karena dalam mengumpulkan data dan penafsirannya menggunakan rumus-rumus statistik disertai dengan tabel,bagan, gambar dan lainnya ,penghimpunan data menggunakan angket, studi dokumen, observasi, dan wawancara. Setelah data angket diperoleh maka selanjutnya menghitung kedua variabel tersebut menggunakan rumus product moment. Setelah penelitian ini dilakukan,maka penulis memperoleh hasil dengan angka korelasi sebesar 0,552 yang berarti terdapat korelasi positif sedang atau cukup antara persepsi peserta didik tentang penerapan disiplin peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Cawas Kata kunci:Penerapan disiplin belajar,disiplin peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. PPKn
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:51
Last Modified: 02 Aug 2022 03:51
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item