STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Joned Eko Prasetyo (2022) STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Joned Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

JONED EKO PRASETYO, NIM 1812200007, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGAARAN, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGAARAN, Judul STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Latar Belakang penelitian ini adalah merebaknya virus Corona awal tahun 2020 membuat dunia dibuat berhenti sejenak dari riuhnya aktifitas hariannya. Virus COVID 19, sebagaimana telah ditetapkan oleh WHO (World Health Organization) dinaikkan statusnya dari epidemi menjadi pandemi. Sebagaimana diketahui bahwa pandemi ialah sebuah kasus penyebaran penyakit di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia. Penyakit endemik yang meluas dengan jumlah orang yang terinfeksi yang stabil bukan merupakan pandemi. Tujuan untuk penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII yang digunakan di SMP Negeri 2 Mojosongo Kabupaten Boyolali di masa pendemi Covid-19, 2. Untuk mengetahui tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojosongo Kabupaten Boyolali di masa pandemi Covid-19, 3.Untuk mengetahui keunggulan, kelemahan, dan hambatan dari pembelajaran daring mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojosongo Kabupaten Boyolali di masa pandemi Covid-19, 4.Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojosongo Kabupaten Boyolali di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Mojosongo Kabupaten Boyolali dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan metode Triangulasi Norman K. Denkin. Hasil Penelitian pembelajaran daring secara umum dilaksanakan dengan dengan menggunakna teknologi – teknologi pada saat ini, sehingga dapat memberikan pengenalan penggunaan teknologi informasi bukan hanya untuk komunikasi saja, namun juga digunakan sebagai media penghubung dalam kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi covid-19 pada saat ini. Pembelajaran yang dilakukan secara daring dilakuan dengan bantuan orang tua dari masing – masing siswa di rumah. Peran guru dengan keterbatasan yang ada pada saat masa pandemi covid-19 saat ini berusaha memberikan materi secara maksimal walaupun dengan penuh usaha. Peran wali kelas juga tidak kalah penting, sebagai wali kelas juga harus tau bagaimana keadaan masing – masing siswa dalam kelasnya walupun tidak dapat bertemu cara langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. PPKn
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:57
Last Modified: 10 Oct 2022 03:57
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/3159

Actions (login required)

View Item View Item