PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 POJOK KECAMATAN PULOKULON, KABUPATEN GROBOGAN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Magdalena, Rizki Amalia (2016) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 POJOK KECAMATAN PULOKULON, KABUPATEN GROBOGAN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Magdalena Rizki A fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

MAGDALENA RIZKI AMALIA. NIM : 1311109309. “Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SDN 4 Pojok Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Pojok Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Pojok Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4 Pojok Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah catatan hasil pengamatan, transkrip wawancara, dan informasi dari guru, murid dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk interaktif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan pengamatan dan pembahasan peneliti selama proses pembelajaran pada bab IV maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Guru belum melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditulis dan direncanakan secara umum masih konservatif; 2) Metode pembelajaran yang digunakan guru sudah bervariasi. Penggunaan tanya jawab sangat mendominasi jalannya pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa pasif. Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca pemahaman dapat ditempuh dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, demonstrasi, diskusi dan metode pemberian tugas; 3) Penggunaan media pembelajaran membaca pemahaman sangat terbatas. Keterbatasan penggunaan media akan berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran. Untuk itu ada beberapa media yang dapat digunakan yaitu: gambar seri, cerita anak, film anak-anak dan beberapa contoh teks bacaan yang relevan dengan media tersebut; 4) Materi yang dipersiapkan tidak seirama dengan indikator yang telah ditetapkan. Guru dapat mengembangkan materi lebih luas lagi, berdasarkan indikator yang ada. Jika dalam perencanaan terdapat satu indikator, maka sekurang-kurangnya ada dua materi yang dipersiapkan; 5) Penilaian dalam pembelajaran membaca pemahaman hanya dilakukan di akhir kegiatan. Untuk mengukur ketercapaian indikator yang telah ditetapkan, hendaknya pelaksanaan evaluasi dilakukan diawal, proses maupun akhir pembelajaran sehingga hasil pembelajaran akan lebih maksimal; 6) Siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung mereka hanya menjawab pertanyaan dan melengkapi pernyataan guru.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 05 Mar 2019 07:23
Last Modified: 05 Mar 2019 07:23
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1001

Actions (login required)

View Item View Item