PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE THINK TALK WRITE DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN 2 SMK KESEHATAN CITRA NUSANTARA KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Aditya, Wahyu Angga Pratama (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE THINK TALK WRITE DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN 2 SMK KESEHATAN CITRA NUSANTARA KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Aditya fix.pdf

Download (951kB)

Abstract

ADITYA WAHYU ANGGA PRATAMA. 1511109437. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE THINK TALK WRITE DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN 2 SMK KESEHATAN CITRA NUSANTARA KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi. Klaten: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, Juli 2019. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan penerapan metode think talk write dan media audio visual pada siswa kelas X Keperawatan 2 SMK Kesehatan Citra Nusantara Klaten; 2) Mendeskripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan penerapan metode think talk write dan media audio visual pada siswa kelas X Keperawatan 2 SMK Kesehatan Citra Nusantara Klaten. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X Keperawatan 2 SMK Kesehatan Citra Nusantara Klaten sebanyak 35 siswa. Sumber data yang digunakan adalah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dan nilai keterampilan siswa dalam menulis puisi pada kelas X Keperawatan 2 SMK Kesehatan Citra Nusantara Klaten. Teknik pengumpuan data berupa tes dan nontes berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi dokumen. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan dengan kata- kata hasil sebelum penelitian sampai dengan hasil setelah penelitian pada akhir setiap siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu 1) perencanaan; 2) Pelaksanaan tindakan; 3) Observasi; 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi pada kinerja guru, siklus I memperoleh skor 65 dengan nilai 72,22 dan siklus II memperoleh 80 dengan nilai 88,8, sedangkan pada kinerja siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata kinerja siswa sebesar 78,09 dan pada siklus II memperoleh nilai rata kinerja siswa sebesar 88,57. Kualitas hasil keterampilan siswa dalam menulis puisi pada siklus I sebanyak 77,14% dan pada siklus II sebanyak 91,42%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode think talk write dan media audio visual mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas X Keperawatan 2 SMK Kesehatan Citra Nusantara Klaten tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Metode think talk write, media audio visual, keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:52
Last Modified: 27 Aug 2019 02:52
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item