PEMBELAJARAN MENULIS PENGUMUMAN SISWA KELAS VII (Studi Kasus di kelas VII B Semester I SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013)

Darso, Darso (2018) PEMBELAJARAN MENULIS PENGUMUMAN SISWA KELAS VII (Studi Kasus di kelas VII B Semester I SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Darso Fix.pdf

Download (922kB)

Abstract

Darso, NIM. 11 PSC 01356. .Pembelajaran Menulis Pengumuman siswa kelas VII (Studi Kasus di kelas VII B Semester I SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013). Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Pasca Sarjana Universitas Widya Darma Klaten 2018. Penelitian ini bertujuan:1)Mengetahui dan mendiskripsikan pelaksaanaan pembelajaran menulis pengumuman pada siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. 2)Mengetahui penyebab pembelajaran menulis pengumuman pada siswa kelas VII B SMP Negeri 36 Purworejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dilaksanakan seperti yang terlihat pada saat observasi dilakukan. Penelitian ini adalah studi kasus dan diskripsi kualitatif.Obyeknya tuturan guru dan siswa. Data diambil dengan cara tujuh langkah penyediaan data utama yaitu(a) observasi,(b) tekstualisasi,(c) dimultikolomkan,(d) disegmentasi,(e) ditematisasi,(f) diproporsionalisasi,(g) direduksi. Analisis data utama menggunakan lima langkah yaitu(a) diurai,(b) diulas,(c) dirangkum,(d) disimpulkan,(e) disarankan. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan pembelajaran menulis pengumuman dilihat dari (a) aspek guru: dalam proses pembelajaran guru terlalu banyak teori dan memonopoli, dalam melaksanakan pembelajaran tidak sesuai RPP, perhatian terhadap siswa kurang merata terutama yang duduk di belakang, banyak pengulangan kata/kalimat sehingga siswa bingung, kata / kalimat yang disampaikan guru terlalu cepat sehingga siswa banyak kurang paham. (b) Dari aspek siswa: dalam proses pembelajaran banyak siswa pasif terutama dalam kegiatan kerja kelompok, siswa kurang memperhatikan guru terutama yang duduk di belakang karena pembelajaran kurang menarik. (c) Metode bervariatif karena guru menggunakan empat metode yaitu metode tanya jawab, diskusi, tugas dan inkuiri. (d) Dari aspek lingkungan kelas kurang mendukung proses pembelajaran karena udara panas, kelas sebelah sangat ramai dan pembelajaran berlangsung pada jam terakhir. Kata Kunci : Pembelajaran Menulis Pengumuman, Studi Kasus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:57
Last Modified: 12 Mar 2019 02:57
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1240

Actions (login required)

View Item View Item