PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS FABEL MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 BAYAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Ilham, Fajri Musthofa (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS FABEL MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 BAYAT TAHUN AJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ilham fix.pdf

Download (431kB)

Abstract

ILHAM FAJRI MUSTHOFA. NIM : 1511109439. “ Peningkatan Keterampilan Menyimak Teks Fabel melalui Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas VII A SMP Muahmmadiyah 7 Bayat Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Latar belakang penulis memilih judul di atas yaitu untuk meningkatkan keterampilan menyimak Teks Fabel melalui Metode Cooperative Script pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Bayat Klaten. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimak teks fabel pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Bayat melalui metode cooperative script. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajaran keterampilan menyimak teks fabel pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Bayat melalui metode cooperative script.Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 7 Bayat dari bulan Februari 2019 sampai dengan bulan Maret 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Bayat yang berjumlah 20 orang siswa. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut. 1) Penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menyimak teks fabel siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Bayat. Hal ini dapat dilihat dari : a) meningkatnya kualitas aktivitas guru. Pada proses pembelajaran prasiklus, aktivitas guru cenderung monoton baik dalam aperesepsi maupun penyampaian materi. Pada saat dilakukan tindakan, kualitas aktivitas guru meningkat peningkatan ini ditunjukan oleh perolehan skor 71 dengan kriteria baik pada siklus I meningkat menjadi 82 dengan kriteria sangat baik pada siklus II; b) Meningkatnya kualitas aktivitas siswa pada proses pembelajaran prasiklus, siswa cenderung pasif dan tampak kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran. Pada saat dilakukan tindakan, kualitas aktivitas siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini ditunjukan dengan perolehan rata-rata 76,66 dengan kriteria baik pada siklus I dan meningkat menjadi rata-rata 90,01 dengan kriteria sangat baik pada siklus II; 2) Pembelajaran dengan metode cooperative script dapat meningkatkan keterampilan menyimak teks fabel siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Bayat tahun ajaran 2018/2019. Peningkatan ini terlihat dari nilai hasil rata-rata menyimak siswa pada prasiklus 52,5 meningkat pada siklus I menjadi 70,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90,5. Penerapan metode cooperative script ini juga dapat meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada prasiklus siswa yang tuntas belajar baru sebanyak 25%, mengalami peningkatan menjadi 75% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 100% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan menyimak, teks fabel, metode cooperative script.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:51
Last Modified: 15 Aug 2019 06:51
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item