PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS MENGGUNAKAN METODE EXPLISIT INTRUCTION (PENGAJARAN LANGSUNG) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019

Dadang, Febri Pratama (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS MENGGUNAKAN METODE EXPLISIT INTRUCTION (PENGAJARAN LANGSUNG) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Dadang fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

DADANG FEBRI PRATAMA. 1511109444. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS MENGGUNAKAN METODE EXPLISIT INTRUCTION (PENGAJARAN LANGSUNG) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi. Klaten: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, Juni 2019. Latar belakang penulis memilih judul di atas yaitu menulis adalah untuk berkomukasi dengan bahasa tulis dan lisan. Agar dapat menyampaikan pikiran secara efektif, seyogianyalah sang penulis memahami makna segala sesuatu yang ingin dikomunikasikan dan juga untuk mengadakan perbaikan atau peningakatan mutu praktik pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan peningkatan kualitas proses menulis surat dinas dengan metode explisit intruction (pengajaran langsung) pada siswa kelas VIIB SMP N 1 Karanganom Klaten; 2) mendeskripsikan kualitas hasil menulis surat dinas menggunakan metode explisit intruction (pengajaran langsung) pada siswa kelas VII B SMP N 1 Karanganom Klaten. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIIB SMP N 1 Karanganom Klaten sebanyak 32 siswa. Sumber data yang digunakan adalah pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas dan nilai keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII B SMP N 1 Karanganom Klaten. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan alat pengumpulan data berupa teknik tes. Teknik yang digunakan analisis data adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan persentase antarsiklus. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis surat dinas pada kinerja guru siklus I memperoleh skor 63 dengan persentase 72,2% dan siklus II menjadi 77 dengan persentase 85,5%, sedangkan kinerja siswa siklus I sebanyak 71,87 % dan pada siklus II menjadi 82,81%. Hasil keterampilan menulis surat dinas siswa pada siklus I sebanyak 43,75% dan pada siklus II menjadi 84,37%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode explisit intruction (pengajaran langsung) mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis surat dinas siswa kelas VIIB SMP N 1 Karanganom Klaten tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Metode explisit intruction, surat dinas, keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:48
Last Modified: 29 Aug 2019 03:48
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item