PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERAMAH (Studi Kasus di Kelas XI Akuntansi 3 Semester 1 SMK Negeri 1 Bulukerto Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019)

Suyatno, Suyatno (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERAMAH (Studi Kasus di Kelas XI Akuntansi 3 Semester 1 SMK Negeri 1 Bulukerto Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019). Masters thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Suyatno Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suyatno. NIM: 2081100002 “PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERAMAH (Studi Kasus di Kelas XI Akuntansi 3 Semester 1 SMK Negeri 1 Bulukerto Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019)”. Tesis. Program Pendidikan Bahasa, Program Pasca Sarjana Universitas Widya Dharma (UNWIDHA) Klaten . 2020 Menulis merupakan salah satu bidang akademik dasar, selain membaca dan berhitung. Dalam kehidupam masyarakat yang semakin maju, kemampuan menulis merupakan kebutuhan, karena proses menuangkan gagasan – gagasan. Selain menulis keterampilan berbicara juga sangat penting.Sebelum dipraktikan sebagai pidato atau Ceramah.. Peneliti melakukan penelitian Studi Kasus di SMK Negeri 1 Bulukerto dengan melakukan observasi untuk mengetahui bagaimana gambaran kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks Ceramah di kelas XI Akuntansi 3 semester 1 SMK Negeri 1 Bulukerto Wonogiri (2) Mengetahui hambatan proses pelaksanaan pembelajaran menulis teks ceramah di kelas XI Akuntansi 3 semester 1 SMK Negeri 1 Bulukerto Wonogiri. jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena mendasarkan pada permasalahan yang dirumuskan, yaitu menitikberatkan kepada pengumpulan informasi tentang situasi yang sedang berlangsung, serta melihat dari suatu gejala tertentu tanpa mempengaruhi kondisi yang diteliti. Strategi dalam penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal, karena dilakukan disatu tempat yaitu di kelas XI Akuntansi 3 Semester I SMK Negeri 1 Bulukerto. Teknik pengumpulan data ada dua cara yaitu pengumpulan data bersifat interaktif dan pengumpulan data bersifat non interaktif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: bahan ajar sudah mengacu pada kompetensi dasar, gur u menguasai materi dan media, pembagian waktu masih kurang. Siswa aktif mengikuti pembelajaran , tapi sebagian ada yang masih ramai sendiri . Proses dan hasil evaluasi dapat mengukur tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelaksanaan pembelajaran menulis teks ceramah di kelas XI Akuntansi 3 semester 1 SMK Negeri 1 Bulukerto dilihat dari aspek guru, siswa, materi, metode, media, dan evaluasi dilaksanakan hampir optimal. Dari aspek guru telah memenuhi empat ko mpetensi dasar, menguasai kelas, pengaturan waktu masih kurang. Dari aspek siswa sudah aktif, antusias, sebagian siswa belum fokus. Dari aspek materi ada sebagian yang tertinggal, belum menggunakan bahasa yang baik dan benar. Dari aspek metode sudah tepat, dari aspek media kurang bervariasi dalam penerapannya. Dari aspek evaluasi sudah sesuai standar, tetapi masih belum sempurna karena keterampilan berbicara penilaiannya secara tertulis saja. Penekanan pada aspek berbicara masih kurang. Kata Kunci : Pembelajaran, Menulis Teks Ceramah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:03
Last Modified: 07 Sep 2021 03:03
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2580

Actions (login required)

View Item View Item