UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK KELAS IV SD N 3 KALIKOTES, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nur, Afifah (2020) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK KELAS IV SD N 3 KALIKOTES, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK KELAS IV SD N 3 KALIKOTES, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Nur Afifah NIM.1615100069 Nurfifah08@gmail.com ABSTRAK Tujuan Penelitian ini yaitu (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas IV SD N 3 Kalikotes menggunakan model pembelajaran STAD dan, (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 3 Kalikotes menggunakan model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan observer dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD N 3 Kalikotes sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siklus I dan II. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti siswa aktif diskusi kelompok, aktif dalam bertanya, menyampaikan hasil diskusi ke depan kelas dengan penuh percaya diri, aktif mengerjakan soal-soal kuis, aktif menarik kesimpulan dari pembelajaran yang sudah dilalui, dan (2) model pembelajaan STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hasil belajar juga mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat ketuntasan belajar dari hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil tes siklus I menunjukkan persentase ketuntasan siswa 50% dan hasil tes siklus II menunjukkan presentase ketuntasan 83,33%. Kata kunci: Peningkatan Aktivitas Belajar siswa, Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran STAD

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:35
Last Modified: 10 Sep 2020 03:35
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item