PENGARUH KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR DAN STRES AKADEMIK TERHADAP COPING STRESS DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VIII DI SMP BHINNEKA KARYA

Iis, Moniteri (2021) PENGARUH KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR DAN STRES AKADEMIK TERHADAP COPING STRESS DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VIII DI SMP BHINNEKA KARYA. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Iis Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adanya virus Covid-19 yang masuk di Indonesia menimbulkan dampak yang tidak baik di masyarakat khususnya pada bidang pendidikan yang harus melaksanakan pembelajaran secara daring, sehingga membuat para siswa mengalami jenuh dan stres dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara tingkat kejenuhan (burnout) belajar dan stres akademik terhadap coping stress dalam pembelajaran daring siwa kelas VIII di SMP Bhinenka Karya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan model regresi multivariat, yaitu model regresi dengan lebih dari satu variabel independen yang saling berkolerasi dan satu atau lebih dari variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bhinneka Karya sebanyak 73 siswa. Penentuan sampel ini menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s yakni sebesar 0.890 untuk kejenuhan (burnout) belajar, 0.872 untuk stres akademik, dan reliabilitas untuk coping stress sebesar 0.894. Uji hipotesis dilakukan menggunakan statistik parametrik dengan teknik analisis regresi multivariat. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara kejenuhan (burnout) belajar terhadap coping stress sebesar 30.9%, pengaruh antara stres akademik terhadap coping stress sebesar 29.1% dan pengaruh antara kejenuhan (burnout) belajar dan stres akademik terhadap coping stress dalam pembelajaran daring siswa kelas VIII di SMP Bhinneka Karya 35.1%. Hasil tersebut dilihat dari nilai koefisien determinasi (R²) dan Statistik-F sebesar 18.889 dengan taraf signifikansi p=<.001 (p<0.05). Dengan nilai partial correlations untuk kejenuhan (burnout) belajar sebesar -0.289 dan stres akademik sebesar -0.245. Kata kunci : kejenuhan (burnout) belajar, stres akademik, coping stress

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:29
Last Modified: 06 Aug 2021 02:29
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item